-->

April 2016 Tugu Iwak Belido Dibangun


Palembang, dilansir dari media Trijaya FM sore ini bahwa Tugu Iwak Belido yang rencana awal dibangun dengan bahan dasar Batubara akan dibuat dengan bahan dasar Tembaga. Hal inidikatakan Staf ahli bidang ekonomi pembangunan dan investasi Pemkot Palembang, Sudirman Tegoeh berdasarkan pembahasan terakhir di ruang rapat staf ahli Pemkot Palembang, Rabu(9/9).
Rencana sebelumnya, tugu yang akan diletakkan di Plaza
Benteng Kuto Besak yang digadang-gadang akan menyaingi Merlion
Park Singapura ini menggunakan bahan batu bara dinilai tidak sesuai,karena pertimbangan harus tahan ketahanan  diatas 15-20 tahun kedepan.
“Masih dengan CSR PTBA, namun tugu Iwak Belida raksasa ini akan dibangun menggunakan bahan dasar tembaga. Itu keputusan akhir dalam rapat,” jelas Sudirman.
Untuk pembangunannya sendiri bakal dimulai pembangunan awal April tahun depan, namun akhir tahun 2016 pihaknya memastikan
pembangunan akan selesai. “Kalau bahan dasar Batubara, dikhawatirkan akan mudah terbakar. Terlebih lagi, bahan batubara dikhawatirkan bakal tidak tahan jika
sering terkena panas sinar matahari dan hujan,” katanya.
Dia mengatakan, bahan harus dari kualitas yang baik dan
menggunakan sistem konstruksi yang baik juga dengan perencanaan yang baik pula. “Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi,” imbuhnya.
Kesepakatan ini dikatakan akan dilanjutkan dengan pembuatan desain dan DED, sedangkan untuk pembangunan semuanya bakal dilakukan pihak PTBA.
Perkiraan dana yang bakal dihabiskan dengan membangun icon baru Palembang tersebut akan menelan dana sekitar Rp3,5 miliar dengan tinggi tetap ukuran 9 meter dengan mengeluarkan air dari dalam mulut Replika Ikan Belida ke Sungai Musi. “Tugu ini akan dibuat dengan warna abu-abu dan akan mencerminkan Fauna khas Palembang,” tukasnya.

0 comments

click to leave a comment!